Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus | Rumah Mini

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus | Kotak Hadiah. Berikut ini tips membuat tempat kado mini berbentuk rumah dari karton.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus


Kerajinan Tangan Dari Kardus - Kardus adalah salah satu barang bekas berbahan baku dari kertas yang banyak sekali ditemukan di sekeliling kita. Kita biasanya memakai kardus sebagai wadah untuk membuangkus berbagai jenis barang. Atau juga untuk tempat atau wadah mengirim paket ke luar kota. Kardus juga sekarang banyak dipakai untuk membuat aneka macam kerajinan tangan dari barang bekas karena mudah didapat dan bisa dimanfaatkan kembali.

Ada banyak sekali jenis dan macam kertas kardus, dari mulai warnanya yang bermacam-macam sampai dengan ukuran ketebalannya yang juga bervariasi. Selain itu dasi segi kualitas bahan juga berbeda-beda. Untuk kardus yang tebal dan kuat bisa dipakai untuk pengepakan berbagai barang-barang besar dan berat, hasil produksi pabrik untuk selanjutnya dikirim ke berbagai tempat lainnya. --Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus - Memanfaatkan Kardus Bekas


Setelah kardus dipakai seringkali sudah tidak bisa digunakan kembali karena biasanya telah sedikit rusak. Namun sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan dengan kardus bekas, diantaranya adalah dimanfaatkan kembali untuk membuat aneka kerajinan tangan dari kardus.

Banyak sekali jenis kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan menggunakan kardus bekas, dari mulai mainan anak-anak, berbagai hiasan dinding, aneka wadah alat tulis, bahkan sampai perabotan rumah tangga. Tentu saja untuk mengerjakan semua itu diperlukan ketrampilan yang khusus atau latihan yang banyak agar hasilnya bagus.

Dari sekian macam kardus, salah satu jenis kardus yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan dari kardus adalah jenis karton. Karton ini biasanya memiliki ketebalan yang tidak terlalu tebal, namun cukup kuat dibandingkan dengan kertas biasa. Warnanya ada bermacam-macam tapi kebanyakan berwarna putih atau abu-abu.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus | Kotak Hadiah

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus - Kotak Hadiah Mini Berbentuk Rumah


Nah pada kesempatan ini kita akan belajar cara membuat kerajinan tangan dari kardus berupa wadah hadiah mini yang berbentuk rumah-rumahan :


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus | Kotak Hadiah 1


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus | Kotak Hadiah 2
Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan alat dan bahan. Siapkan kertas karton tebal, pensil, penggaris, gunting, cutter, dan alas.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus | Kotak Hadiah 3
Setelah semua bahan siap, langkah pertama adalah membuat gambar rumahnya. Gambarlah sebuah pola rumah di atas lembaran kertas karton dengan pensil sesuai dengan imajinasi anda. 

Setelah gambarnya jadi potong dan buanglah beberapa bagian rumah sepserti misalnya jendela dan pintu.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus | Kotak Hadiah 4
Setelah pola rumah sudah jadi, buatlah lipatan pada sudut-sudut rumah.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus | Kotak Hadiah 5
Selanjutnya lipatlah rumah dan satukan ujungnya satu dengan yang lain. Kemudian lem bagian-bagian rumah yang akan disatukan.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus | Kotak Hadiah 6
Nah kotak hadiah mini berbentuk rumah sudah jadi. Sekarang anda bisa memasukkan berbagai hadiah kecil ke dalam rumah kertas ini seperti misalnya permen, makanan kecil, dan lain sebagainya.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus | Kotak Hadiah 7


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus | Kotak Hadiah 8


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus | Kotak Hadiah 9


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus | Kotak Hadiah 10
Dan sekarang anda bisa membuat rumah kertas mini ini dengan berbagi warna dan kreasi bentuk lainnya. Rumah-rumahan kertas ini nantinya bisa dipakai untuk keperluan acara ulang tahun anak-anak, atau bisa juga dipakai sebagai hiasan meja.


Itulah sedikit tips cara membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk kotak hadiah rumah-rumahan mini, semoga bermanfaat bagi anda.

**sumber: designmom.com

No comments:

Custom Search