Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas | Stoples Hias Unik

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Stoples Bekas - Stoples Hias Unik. Berikut di artikel ini kita berikan tips gampang bagaimana cara untuk membuat sebuah kerajinan tangan dari barang bekas berupa stoples hias.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas


Salah satu bahan bekas yang bisa dipakai ulang untuk membuat sesuatu yang bermanfaat adalah stoples bekas. Stoples bekas merupakan salah satu barang bekas yang juga tidak sulit didapatkan. Kita bisa menemukannya dengan sangat mudah di dapur-dapur rumah tangga. Stoples biasanya banyak dipakai sebagai wadah untuk berbagai jenis makanan, minuman, bahan sayuran, atau bahan masakan, saus, dan masih banyak lagi.

Tidak jarang juga setelah isinya habis, stoples bekasnya kita buang begitu saja. Nah kenapa tidak anda manfaatkan saja stoples-stoples bekas ini. Bisa dipakai lagi untuk wadah beberapa jenis barang lain misalnya. Atau juga bisa untuk wadah bumbu dapur lainnya seperti merica, garam, gula, dan lain sebagainya.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Stoples Hias Unik


Nah, kali ini kita juga akan memanfaatkan kembali stoples bekas ini untuk membuat salah satu jenis kerajinan tangan dari barang bekas. Kerajinan tangan yang akan kita buat kali ini adalah hiasan unik menarik dari bahan utama stoples bekas. Bahannya mudah didapat dan caranya sangat gampang sekali.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat sebuah kerajinan tangan dari bahan bekas kali ini diantaranya yaitu sebuah stoples bekas, assesoris atau ornamen untuk hiasan, lem keras, bubuk glitter, dan air. Untuk jenis stoples bekas yang akan dipakai bisa menyesuaikan dengan yang ada. Sedangkan untuk hiasannya juga bisa menyesuaikan selera.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas - Stoples Hias Unik


Cara Membuat Kerajinan Tangan Stoples Hias Unik


Berikut ini langkah-langkah cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas berupa stoples hias :


Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas - Stoples Hias Unik 1
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan utamanya. Bahan utamanya yaitu stoples bekas. Bentuk dan ukuran stoples bekas yang akan dipakai bisa disesuaikan dengan selera anda masing-masing atau disesuaikan dengan ketersediaan stoplesnya.

Bahan berikutnya adalah assesoris hiasan yang akan diletakkan di dalam stoples. Hiasan bisa berupa apa saja yang penting ukurannya harus lebih kecil dari stoples :). Berikutnya ada bubuk glitter yang berwarna emas. Sekali lagi warnanya bisa diganti sesuai dengan yang anda sukai. Dan bahan yang terakhir adalah lem super yang bisa mengelem dengan cukup kuat.


Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas - Stoples Hias Unik 2
Setelah semua bahan siap, mulailah mengerjakan dengan memberi lem pada bagian dalam tutup stoples. Tuangkan lem pada bagian tengah tutup stoples secukupnya.


Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas - Stoples Hias Unik 3
Berikutnya setelah tutup stoples diberi lem super, letakkan atau tempelkan sebuah hiasan atau assesoris apa saja yang menurut anda bagus dan unik pada bagian dalam tutup stoples tersebut.


Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas - Stoples Hias Unik 4
Langkah selanjutanya adalah masukkan secukupnya bubuk glitter ke dalam stoples bekas yang telah disiapkan. Pastikan untuk sebelumnya membersihkan stoples bekas yang akan dipakai. Bersihkan stoples dari kotoran atau sisa makanan di dalamnya, dan bersihkan juga stiker yang biasanya menempel pada bagian luar stoples.

Untuk bubuk glitter yang digunakan pada contoh di atas adalah bubuk glitter dengan warna emas. Tapi anda juga bisa berkreasi menggunakan bubuk glitter dengan warna yang lainnya.


Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas - Stoples Hias Unik 5
Setelah bubuk glitter dimasukkan secukupnya, tuangkan air ke dalam stoples hingga penuh.


Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas - Stoples Hias Unik 6
Berikutnya ambil tutup stoples yang telah ditempeli hiasan. Tuangkan lem keras lagi pada permukaan bagian dalam dan tepi tutup stoples. Oh iya, sebaiknya gunakan jenis lem super yang kuat dan bisa menempel rapat.


Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas - Stoples Hias Unik 7
Setelah tutup stoples diberi lem lagi pada bagian tepi dan dalamnya, pasangkanlah tutup stoples tersebut pada stoples yang telah diberi bubuk glitter dan air. Putar tutup stoples hingga menutup dengan sangat rapat. Biarkan sebentar agar lem kering dan menempel kuat. Lalu baliklah stoples tersebut dan pastikan tidak ada air yang keluar dari stoples. 
Nah stoples hias sudah jadi dan siap dijadikan hiasan meja.


VIDEO

Video Cara Membuat Kerajinan Tangan Stoples Hias Unik


Itulah sedikit tips cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas, semoga ide cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas di atas bermanfaat bagi anda.

sumber: topinspired.com

1 comment:

alat bantu said...

saya suka artikelnya mudah dipahami dan mudah dipratek'an.trim

Custom Search